PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN SAPI

Indikasi Luar Kebuntingan:
 Berhentinya gejala estrus
Belum pasti, Peternak mungkin lupa tidak memperhatikan, birhi mungkin tidak nampak, patologik di dalam uterus seperti myometra dalam ovaria seperti sista yang menyebabkan kegagalan birahi.
 Abdomen membesar pada kebuntingan tua, tidak pasti
 Kelenjar susu sapi dara membesar pada kebuntingan 4-5 bulan, pada sapi yang sudah sering melahirkan (Tua) perbesaran maupun oedeema kelenjar susu sering tidak jelas antara 1-4 minggu menjelang akhir kebuntingan.
 Kadang-kadang gerakan fetus dapatdipantulkan atau pergerakannya dapat di observasi dari luar dinding perut setelah kebuntingan berumur 6 bulan.
 Denyut jantung fetus dapat di auskultasi pada daerah legoklapar 6-7 bulan sampai akhir masa kebuntingan
 Elektrokardiografi untuk membedakan dengan mumifikasifetus sesudah kebuntingan bulan ke lima.
Indikasi Dalam kebuntingan.
Uterus biasanya lunak, dapat di tekuk dan kendur dengan sedikit ketegangan padapermulaan kebuntingan . Uterus benar-benar lemas dan atonik terdapat pada anestrus sejati dan sista ovaria kronik. Sewaktu birahi, jikadirangsang uterus meregang dan berereksi. Padaakhir estrus dan permulaan pro estrus, satu sampai dua hari sesudah ovulasi, uterus berdinding tebal dan oedematous, seringkali sekitar 20, 40, 60 hari sesudah konsepsi, uterus dapat menjadi sangat berereksi dan tegang bersamaan dengan aktivitas folikuler pada ovarium, walaupun terdapat suatu korpus luteum normal.
Pemeriksaan kebuntingan secara per rectal paling aman mulai 60 hari setelah konsepsi.
Indikasi Pasti:
o Palpasi kornu uteri yang membesar berisi cairan plasenta 30-90 hari kebuntingan
o Palpasi kantongamnion 30-50 hari kebuntingan
o Selip selaput fetal, allantokorion, dengan penjepitan secara luwes terhadap uterus di antara ibu jari dan jari telunjuk pada kebuntingan muda, 40-90 hari
o Perabaan dan pemantulan kembali fetus di dalam uterus yang membesar yang berisi selaput fetus dan cairan plasenta
o Perabaan plasentoma
o Palpasi arteri uterine media yang membesar, berdinding tipis dan berdesir(Fermitus).
Indikasi kurang pasti:
Asimetri kornu uteri
Perbesaran ukuran uterus dan penipisan serta pengembangan dindingnyaLokasi uterus di dalam rongga abdomen, lokasi, ukuran dan persistensi korpus luteum dan perubahan-perubahan vaginal.

About these ads

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Tulisan ini dipublikasikan di BUNTING. Tandai permalink.

4 Balasan ke PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN SAPI

  1. nurheti2 berkata:

    Maaf ya, kali ini sebagai selingan ada artikel yang agak berat untuk menambah pengetahuan saja. Berikutnya akan anda nikmati kembali artikel populer saya. Salam. Nurheti Yuliarti

  2. Anonymous berkata:

    assalamu'alaikum mbak nurheti, selamat dan sukses atas karir anda.sedikit saran mohon dilengkapi ilustrasi/gambar tentang PKB sapi.eratkan ukhwah…….(ari DIII KH/96)

  3. Anonymous berkata:

    assalamu'alaikum mbak nurheti, selamat dan sukses atas karir anda.sedikit saran mohon dilengkapi ilustrasi/gambar tentang PKB sapi.eratkan ukhwah…….(ari DIII KH/96)

  4. nurheti2 berkata:

    Wa'alaikum salam wr.wb. Apa kabar ari, sombong amat manggilnya pakai mbak segala, sahabat lama ku gimana kabarmu? kapan main ke jogja? masih di klaten nih? Mendingan minta langsung aja, aku punya banyak gambar di rumah, jangankan PKB sapi, PKB kuda, anjing ama kucing juga ada, tak tunggu emailnya. Salam. Nurheti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s