MEMBUAT LONTONG KETUPAT

Dalam rangka pembukaan kantor permata ilmu (akhir Maret 2011) akan di adakan kursus gratis untuk mencoba kursus menulis buku di permata ilmu. Peserta hanya di bebani biaya pendaftaran dan buku panduan total sebesar 50.000. Jadwal kursus hari Rabu atau kamis ( pilih salah satu)jam 16.15 sampai 17.45. Dalam program ini peserta berkesempatan kursus secara gratis sebanyak 4 kali pertemuan. Namun karena sifatnya kelas mencoba, kami tidak memberikan bantuan penyaluran naskah. Bila naskah anda ingin di salurkan anda boleh menempuh program lanjutan dengan membayar biaya kursus 150.000. Bila anda berminat bisa booking mulai sekarang di no HP 085226315452, kami akan memberikan kabar begitu kantor kami beroperasi untuk melunasi biaya pendaftaran dan CD kursus(sebesar 50.000). Terbuka untuk 30 orang

Lontong dan Ketupat sangat lezat di sajikan bersama sate, termasuk sate jamur. Di Jawa Tengah terdapat versi lontong nasi yang disebut tepo (terbungkus daun pisang berbentuk limas agak memanjang). Sedangkan di Sulawesi, kulit ketupat terbuat dari daun pandan. Kulit ketupat/lontong dapat digantikan dengan kain katun yang dijahit/jelujur (setelah matang warna nasinya tetap putih, atau menggunakan tabung kaleng khusus siap beli).

Resep Bahan Ketupat dan Lontong Beras :

* 500 beras, cuci dan tiriskan
* kurang lebih 8 buah kulit ketupat yang sedang besarnya
* kurang lebih 8 lembar daun pisang batu/klutuk, ukuran lebar 30 cm, tinggi 30 cm

Cara Membuat Ketupat dan Lontong Beras :

1. Ketupat: isi 1/3 bagian kulit ketupat dengan beras, tata dalam panci, tuangkan air sampai terendam. Rebus 3-4 jam sampai matang, angkat, siram dengan air matang dingin supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan, dan dinginkan. Tambahkan air panas setiap kali air perebus hampir habis.
2. Lontong : celup 2 detik tiap lembar daun pisang dalam air mendidih agar agak layu dan tak mudah pecah, keringkan. Gulung tiap lembar daun, sisi berwarna hijau tua di sebelah dalam, dengan garis tengah 3 cm, semat salah satu ujungnya. Isi 1/2 bagian gulungan dengan beras, semat sisi lainnya. Tata dalam panci, tuangi air hingga terendam, rebus sama dengan cara merebus ketupat.
3. Setalah matang, angat, tegakkan atau sandarkan sampai tiris/tidak bercair, dingin, dan keras.

Tips : Untuk mempersingkat waktu, beras dapat dimasak setengah matang (diaron) lalu masukkan ke dalam kulit ketupat/lontong sebanyak 2/3 bagian, rebus selama 2 jam.

http://inforesep.com, detik.com

About these ads

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Tulisan ini dipublikasikan di makan sehat, makanan halal dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s