RENCANA PENGADAAN ANGKUTAN RINGROAD

Dosen Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada (UGM) , Suryanto mengaku belum dapat mengukur manfaat dari proyek pelayanan transportasi berupa bus besar yang menghubungkan Ringroad. Adapun PT Damri ditunjuk sebagai pengelola trayek yang dinilai berpotensi menghubungkan titik-titik ramai di sekitar DIY. Nantinya wisatawan yang ingin masuk ke arah kota bisa menggunakan Trans Jogja. Harapannya layanan ini dapat memecah kemacetan yang ada di Jogja.

Dia melihat masalah terbesar yang dirasakan warga DIY adalah minimnya transportasi di dalam kota yang berimbas pada kemacetan.

Namun Suryanto mengaku bus besar yang menghubungkan Ringroad ini akan memiliki manfaat besar bagi wisatawan yang membutuhkan transportasi ke luar DIY. Jalur penghubung ini memang masih sangat minim.

Dia mencontohkan jika ada wisatawan turun di terminal Giwangan dan ingin ke Borobudur, Magelang. Wisatawan yang turun di terminal Giwangan ini akan kerepotan mencari angkutan umum menuju ke terminal Jombor dan bus ini bisa memudahkan.

“Kalau sekarang banyak wisatawan memilih pinjam motor ketimbang naik angkutan umum. Salah satu alasan karena minimnya akses penghubung antara terminal. Semoga bus ini bisa memecahkan masalah penghubung antar kota antar provinsi ini,” kata Suryanto, Senin (18/1/2016)

Di sisi lain, Peneliti Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional (PSPPR) Tata Ruang, Gunung Radjiman mengatakan perlu penyiapan lanjutan setelah bus penghubung Ringroad ini. Salah satunya penyiapan kantong-kantong parkir di luar Ringroad.

“Kantong-kantong parkir ini perlu disiapkan untuk menampung bus-bus pariwisata di luar Ringroad. Alasanya pembatasan bus pariwisata masuk ke kota untuk mengurangi kemacetan saat liburan panjang,” kata Radjiman.

Radjiman mengaku bus pariwisata menyumbang kemacetan saat liburan panjang karena ukurannya yang besar. Terlebih saat rombongan lebih dari dua bus.

“Saat ini sudah ada pembatasan agar bus pariwisata tidak masuk beberapa wilayah di Kota Jogja. Ke depan bus pariwisata bisa dilarang masuk wilayah Ringroad, asalkan angkutan menuju pusat kota mudah diakses. Makanya butuh persiapan kantong parkir sejak sekarang agar nantinya tidak kebingungan,” jelas Radjiman.

Sumber: http://m.harianjogja.com/baca/2016/01/19/angkutan-ringroad-solusi-untuk-ke-luar-diy-jadi-682183

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s