UJI COBA TANJUNG ADIKARTO SEGERA DILAKSANAKAN

Pelabuhan Tanjung Adikarto, sebuah pelabuhan di kulonprogo segera di ujicobakan penggunaannya. Pelabuhan ini diproyeksikan tidak hanya menjadi tempat bersandar perahu dan kapal nelayan. Pemda DIY berencana mengembangkan pelabuhan tersebut sebagai kawasan industri perikanan terpadu.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY, Andung Prihadi, di sela kunjungan calon duta besar Indonesia di Gedung Kaca, Wates, Kulonprogo, Rabu (20/1/2016).

Produktivitas pelabuhan Tanjung Adikarta diperkirakan jauh lebih tinggi dibanding pelabuhan Sadeng, Gunung Kidul. Jika pelabuhan Sadeng rata-rata menampung 2.480 ton ikan per tahun, pelabuhan Tanjung Adikarta diprediksi menyentuh angka 14.000-20.000 ton.

Andung mengatakan, pelabuhan Tanjung Adikarto berpotensi menjadi sentra bisnis perkapalan dan perikanan. Peluang bisnis yang bisa dikembangkan adalah industri galangan kapal, bahan bakar minyak (BBM) untuk operasional kapal, pengalengan ikan, pembuatan tepung ikan, dan sebagainya. “Nanti industri ini akan menyusul dibangun,” tuturnya.

Andung lalu mengatakan, Pemda DIY sedang fokus menyosialisasikan uji coba tambat labuh yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang. Dia menggencarkan promosi kepada para nakhoda kapal nelayan. Mereka selanjutnya diajak berkoordinasi untuk melakukan survei persiapan dan pelaksanaan uji coba.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Kelautan DKP DIY, Suwarman. Ia menambahkan, para nahkoda perlu mengikuti survei untuk mengamati kondisi pelabuhan Tanjung Adikarto dari daratan.

Tidak hanya kondisi fisik pelabuhan, tetapi juga keadaan ombak, arus air, dan beberapa hal lain yang dianggap mempengaruhi kelancaran pendaratan kapal.

Uji coba tambat labuh kemudian dimulai dengan melabuhkan kapal kecil berukuran kurang dari lima gross tonage (GT), lalu dinaikkan secara bertahap hingga setidaknya 10 GT.

Hasil uji coba akan menjadi gambaran tingkat kelayakan operasional pelabuhan yang terletak di Desa Karangwuni, Kecamatan Temon, Kulonprogo itu. “Nanti akan diketahui bagaimana kondisi ombak hingga tingkat sedimentasinya untuk pengembangan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kulon Progo Sudarno di Kulon Progo, Jumat, mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan DKP DIY, pengoperasian Pelabuhan Tanjung Adikarto sesuai rencana awal yakni Februari 2016, dan promosi pelabuhan pada Januari.

“DKP DIY telah mengkoordinir dan akan membawan nelayan andalan dari Kabupaten Gunung Kidul supaya berlabuh uji coba Pelabuhan Tanjung Adikarto pada akhir Januari,” ucapnya.

Meskipun demikian, ia mengakui penyelesaian pengerukan kolam pelabuhan tidak mencapai 100 persen atau sekitar 72 persen dari target. Dengan kondisi seperti ini, pelabuhan masih memungkinkan dioperasikan.

“Januari proses promosi, dan nelayan membawa kapal-kapal di pelabuhan. Setelah itu, pelabuhan akan diresmikan beroperasi sekitar 16 atau 17 Februari,” katanya.

Terkait adanya pendangkalan di alur pelayaran pasca-pengerukan, ia meyakini tidak menggangu kapal yang keluar masuk ke pelabuhan. Menurutnya, pendangkalan alur pelayaran dimungkinkan terjadi, setelah beroperasi di atas dua tahun.

“Idealnya, pendangkalan terjadi kalau sudah dua tahun. Kami meyakini tidak mengganggu keluar masuknya kapal,” tuturnya. (Wilujeng Kharisma/A-89)

Sumber utama:
http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2016/01/20/357873/tanjung-adikarto-jadi-kawasan-industri-perikanan-terpadu

image

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s