SEHARI KELILING JOGJA

Anda ingin berwisata ke jogja namun tak punya waktu untuk menginap? Ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi hanya dengan beberapa jam berkunjung ke jogja. Silahkan simak cerita saya berikut ya, bagi anda yang berminat berkunjung ke jogja, tidak menginap, jadi bisa saja anda tiba di jogja pada pagi hari dan kembali ke daerah anda malam hari. Namun demikian, saran dalam lokasi ini kemungkinan bisa tercapai jika anda mengunjungi jogja bukan pada saat long weekend, karena saat long weekend jogja sering macet, sehingga sulit untuk mencapai tempat tempat ini semuanya. Saya sengaja juga memilih beberapa tempat yang tergolong baru di jogja, yang mungkin jadi pilihan anda selain malioboro, keraton, dan parangtritis yang sudah sering di ulas di berbagai media.

Mari kita mulai, dalam perjalanan ini kita mulai dari stasiun tugu jogjakarta.

1. Kawasan tugu, malioboro, dan taman pintar

Tidak lengkap, jika anda mengunjungi jogja jika tidak mengunjungi tugu, malioboro, pasar beringharjo, dan taman pintar. Karena itu, saran saya, anda keluar dari pintu depan stasiun tugu, kemudian berjalan ke kiri. Insya Alloh sekitar 15-25 menit berjalan kaki anda akan menemukan tugu, ada yang baru lho di kawasan ini, yakni adanya miniatur tugu. Cocok untuk foto foto ya

image

Dari tempat ini, anda bisa naik trans jogja jalur 1A menuju malioboro dan pasar beringharjo. Untuk mencapai tempat ini, insya Alloh sekitar 10-15 menit naik bus trans jogja akan sampai ke kawasan malioboro. Selain kawasan belanja, di titik nol yang tidak jauh dari kawasan belanja malioboro, anda bisa menemukan sejumlah gedung cagar budaya yang keren untuk berfoto. Setelah itu anda bisa berbelok dan berjalan ke kiri sekitar 500m, maka anda akan menemukan taman pintar, wahana belajar dan bermain yang populer di jogja.

2. Perpustakaan Gratama pustaka
Perpustakaan ini belum lama diresmikan, baru pada bulan desember 2015 yang lalu, menurut beberapa berita yang saya baca, perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di asia tenggara. Wow keren kan? Untuk mencapai tempat ini, anda bisa langsung naik trans jogja jalur 1A dari malioboro dan turun di halte JEC. Insya Alloh dalam 30 menit, anda akan sampai di halte JEC dan tinggal berjalan sekitar 400-500m untuk sampai ke perpustakaan ini. Perpustakaan ini sudah jelas terlihat dari halte JEC, karena tinggi, kita tinggal melihat ke seberang sedikit ke timur dan perpustakaan ini sudah terlihat

image

3. SKE(Sindu Kusuma Edupark)
Selepas dari perpustakaan, mungkin anda ingin ke. Sindu Kusuma Edupark, wahana bermain dan belajar baru yang sangat di kenal di jogja? Atau anda ingin makan makan dulu? Kalau ingin makan, jangan khawatir, di depan gratama pustaka banyak tempat makan enak, atau anda bisa juga makan di JEC Cafe di sebelah gratama pustaka? Monggo silahkan.

Jika anda ingin ke SKE, anda bisa meneruskan perjalanan naik trans jogja, halte ada di depan perpustakaan gratama pustaka. Anda menggunakan bus transjogja jalur 1B, sampai di halte samsat, anda berganti jalur 2B, turun halte hotel utara. Kemudian anda ganti bus kuning jalur D6 atau A3, turun pertigaan jambon, dan anda berjalan kekiri menuju jalan jambon, sekitar 500-700m. Jika ingin praktis, dari halte hotel utara anda naik becak sampai SKE, tarifnya sekitar 20-25ribu mungkin ya, silahkan tawar menawar dengan abang becaknya.

Lama perjalanan dari gratama pustaka ke sindu kusuma Edupark Insya Alloh sekitar 1-1,5 jam, ya memang jauh, dan perlu berganti, kalau anda ingin cepat, mungkin taksi bisa jadi pilihan, jika naik taksi Insya Alloh dalam 30 menit anda sudah sampai di sindu kusuma edupark, namun demikian biayanya tentu saja lebih besar. Saya belum pernah naik taksi dari gratama pustaka ke SKE, namun perkiraan saya mungkin sekitar 60-75 ribu per taksi, bisa diisi sampai 4 orang.

image

Dari SKE, jika anda akan ke stasiun tugu, anda bisa naik bus kuning A3 atau D6, anda turun terminal jombor, kemudian ganti trans jogja jalur 2A dari terminal jombor. Anda bisa turun halte KR dekat stasiun tugu dan sedikit berjalan menuju stasiun tugu. Jika anda bertanya ke petugas halte, bilang saja ke stasiun tugu, karena ada beberapa KR di jogja. Lama perjalanan dari Sindu Kusuma Edupark ke stasiun tugu Insya Alloh sekitar 1 jam.

Selamat jalan jalan…

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s