PUNCAK KOSAKORA

Meski Gunungkidul terkenal dengan jajaran pantai pasir putihnya yang mempesona, bukan berarti di Gungkidul tidak ada bukit-bukit yang indah. Banyak lokasi wisata di Gunungkidul yang menawarkan wisata bukitnya, sebut saja Gunung Api Purba lengkap dengan Embung Ngelanggerannya, lalu ada Embung Sriten, dan yang akhir-akhir ini sering disebut adalah Puncak Kosakora. Sebagai pengantar saja jika kita ingin ke Puncak Kosakora maka kita akan melewati Pantai Ngrumput yang berada di bawahnya. Dan Pantai Nrumput sendiri terletak di sebelah timurnya pantai Drini. Jadi tidak ada salahnya kita bisa mampir juga ke Pantai Ngrumput untuk sekedar main air dan berfoto.

image

Rute menuju puncak kosakora

Puncak Kosakora berada di sebelah timur kira-kira 2 km dari Pantai Drini. Dari sini kita bias menikmati pemandangan yang sangat menyejukan mata, mulai dari pantai pasir putih, lautan yang luas, langit biru, dan tak lupa pemandangan sunsetnya yang menyejukan. Untuk menuju Puncak Kosakora tak perlu mengeluarkan kocek banyak, cukup membayar 2000 rupiah/orang kita sudah dapat menikmati keindahan alam dari atas Puncak Kosakora.

Rute menuju Puncak Kosakora cukup mudah, cukup berjalan ke arah timur Pantai Drini sekitar 2 km, yang kira-kira memakan waktu sekitar 30-45 menit. Dari Pantai Drini harus harus berjalan melewati dua bukit, namun jika kamu beruntung dengan air panti yang sedang surut, kamu bisa menyusuri pinggir pantai menuju pantai Ngerumput, lalu tinggal naik satu bukit, nah disitulah Puncak Kosakora.

Kalau kamu memilih melewati dua bukit, dari Pantai Drini kamu berjalan menulusuri bukit yang nantinya kamu akan bertemu dengan padang sabana, di bukit tersebut tidak ada sama sekali bangunan, yang ada hanya rumput dan pandan pantai. Dari situ kamu menuju Pantai Ngerumput , lalu melewati rimbunan padang pandan pantai, lalu sampailah di Puncak Kosakora.

Kalau kamu malas membawa bekal makanan dan minuman, jangan khwatir, karena di sini sudah tersedai kedai-kedai kecil yang menyediakan snack ringan serta minuman-minuman seperti es teh, es jeruk, atau kopi, dan bagi kamu yang hendak bermalam di Puncak Kosakora, disarankan untuk tidak membuat api unggun karena dapat merusak rerumputan. Cukup membawa lampu badai atau sentir sebagai penerangan. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah-sampahmu agar lingkungan sekitar tetap terjaga dengan baik.

Sumber: http://ensiklopediaindonesia.com/puncak-kosakora-menikmati-indahnya-pantai-gunungkidul-dari-atas-bukit/

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s