TIKET KERETA API EKONOMI SEBAGIAN TURUN

Daerah Operasional (Daop) 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan penyesuaian tarif kereta api (KA) per 1 April 2016. Di mana sejumlah tiket perjalanan kereta api kelas ekonomi mengalami penurunan harga

image

Senior Manager (SM) Daop 1 PT KAI, Bambang S Prayitno mengatakan, dasar penurunan tarif sebesar 5% merujuk dari Dasar pemberlakuan penyesuaian tarif, yang tertuang dalam SK Direksi PT KAI KEP.U/II.003/XI/1/KA-2015 pada 11 November 2015, tentang syarat dan tarif angkutan penumpang.

Kelima kereta yang mengalami penurunan tarif yakni KA Brantas menuju Kediri yang turun dari harga sebelumnya Rp90 ribu menjadi Rp 86ribu. KA Bengawan menuju Purwosari yang turun dari harga Rp80 ribu menjadi Rp76 ribu. KA Gaya Baru Malam menuju Stasiun Surabaya Gubeng yang turun dari harga Rp110 ribu menjadi Rp106 ribu. KA Matarmaja menuju Malang yang turun dari Rp115 ribu menjadi Rp111 ribu. Kemudian, KA Serayu menuju Kroya dan Purwokerto yang turun dari harga Rp70 ribu menjadi Rp66 ribu.

Bambang menjelaskan penurunan tiket seharga Rp4 ribu ini, tertuang dalam Keputusan dalam Permenhub RI No 13 tahun 2016. Keputusan sendiri seolah mengubah keputusan sebelumnya, yakni Permenhub No 198 tahun 2015 tentang tarif angkutan orang dengan kereta api kelas ekonomi.

“Kami berharap penyesuaian tarif tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat untuk tetap memilih kereta api sebagai moda transportasi dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Senior Manager Humas PT KAI, Agus Komarudin menambahkan, kebijakan tersebut diambil sebagai langkah dalam pelayanan Publik (Public Service Obligation (PSO). Pasalnya, kelima tiket kereta itu termasuk dalam subsidi sebesar Rp1,827 triliun yang digelontorkan Kemenhub untuk 2016. “Jumlah subsidi meningkat 20% dari 2015 lalu sebesar Rp 1,5 triliun,” tandasnya. 

Daftar tiket KA ekonomi yang mengalami penurunan harga untuk wilayah Daop 1:

– KA Brantas menuju Kediri, turun dari Rp90 ribu menjadi Rp 86ribu. 
– KA Bengawan menuju Purwosari, turun dari harga Rp80 ribu menjadi Rp76 ribu. 
– KA Gaya Baru Malam menuju Stasiun Surabaya Gubeng, turun dari Rp110 ribu menjadi Rp106 ribu. 
– KA Matarmaja menuju Malang, turun dari Rp115 ribu menjadi Rp111 ribu. 
– KA Serayu menuju Kroya dan Purwokerto, turun dari harga Rp70 ribu menjadi Rp66 ribu.

Sumber:
Teks: http://ekbis.sindonews.com/read/1084590/34/tarif-kereta-api-ekonomi-turun-per-1-april-1455195909

Foto: Koleksi permata ilmu, di screenshot dari fb KAI121

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s