PERTUMBUHAN GIGI BALITA

Dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan normal, bayi biasanya akan mulai tumbuh gigi pada periode awal makan. Nah, pada usia berapa sebenarnya momen ini terjadi?

Menurut dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan Kita Jakarta, gigi pertama anak biasanya tumbuh bervariasi 5-11 bulan. Jadi bila misalnya sampai usia 9 bulan gigi anak belum juga tumbuh, maka sebenarnya ini masih normal dan tak perlu dikhawatirkan orang tua.

“Sebagian besar tumbuhnya gigi pertama dipengaruhi oleh faktor genetik dan berhubungan dengan ayah atau ibunya saat masih kecil. Biasanya jika ayah atau ibunya terlambat tumbuh gigi, ada kemungkinan anak akan mengalami hal yang sama,” tutur dr Aditya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Kebanyakan orang tua berpikiran jika si anak terlambat tumbuh gigi, maka ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tertentu seperti kalsium atau vitamin. Sehingga kemudian anak diberikan suplemen-suplemen, yang mungkin sebenarnya tidak ia butuhkan.

Pendapat ini diamini oleh dr Aditya. Ia membenarkan bahwa pemberian vitamin atau zat tertentu untuk memacu pertumbuhan gigi tidaklah selalu benar. Bahkan jika dilakukan tanpa anjuran dokter bisa membahayakan kesehatan si kecil. Terutama bila suplemen ini diberikan secara berlebihan.

Lantas kapan orang tua dianjurkan memeriksakan anaknya ke dokter jika belum juga tumbuh gigi? “Sampai anak berusia 1,5 tahun kalau belum juga tumbuh baru cek ke dokter, nanti dicari tahu apa penyebabnya,” imbuh dr Aditya.

Sumber:
http://m.detik.com/health/read/2016/03/16/080206/3165785/1300/usia-berapa-bayi-biasanya-mulai-memiliki-gigi-pertamanya?utm_source=health&utm_medium=Facebook&utm_campaign=CMS+Socmed

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s