HAL – HAL YANG TERJADI SAAT KEHAMILAN

Menanti kehadiran sang buah hati tentu akan membuat setiap wanita berbahagia. Selama masa kehamilan, Anda akan merasakan banyak “keajaiban”. Mulai dari merasakan pertumbuhan janin dari waktu ke waktu hingga merasakan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. 

Bagi Anda yang baru menjalani kehamilan pertama mungkin akan bertanya-tanya apakah perubahan yang terjadi pada tubuh adalah hal yang normal? Berikut ini lima perubahan pada tubuh yang mungkin terjadi selama masa kehamilan, menurut para pakar.

 

1. Mendapatkan “haid”

Ketika tahu Anda hamil, embrio akan melekat ke dinding rahim tepat di saat Anda akan jatuh tempo untuk periode haid berikutnya, kata Sherry Ross, gelar M.D., ob-gyn di Pusat Kesehatan Providence Saint John di California.

Hal ini dapat menyebabkan bercak atau perdarahan ringan yang bisa bertahan hingga dua hari, serta kram ringan pada rahim.

“Pendarahan karena implantasi adalah hal yang cukup umum, terjadi pada sekitar 30 persen wanita hamil,” kata Ross.

Karena perdarahan juga dapat menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius, penting untuk mengawasi tingkat keparahanya. Jika Anda membutuhkan satu pembalut dalam waktu hanya tiga jam, atau kram yang menyakitkan, atau keduanya, periksakan diri ke dokter anda.

 

2. Tahi lalat membesar

Jika tahi lalat Anda menjadi lebih besar dan lebih gelap, selama kehamilan, tidak perlu stres: “Hormon-hormon yang beredar selama kehamilan, termasuk estrogen dan hormon pertumbuhan, membuat sel-sel tubuh bertumbuh semacam itu,” kata Tsippora Shainhouse, MD , dokter kulit di Beverly Hills.

Pasca-melahirkan, tahi lalat dapat kembali seperti semula atau tetap membesar. Jangan sungkan bertanya ke dokter mengenai tahi lalat yang membesar, bisa jadi ini tanda kanker kulit.

 

3. Air liur berlebihan

Selama trimester pertama (dan dalam beberapa kasus, sepanjang kehamilan), mulut Anda mungkin terasa tenggelam dalam air liur.

Diduga, hal ini berkaitan dengan mual dan muntah yang menyerang sejak awal kehamilan, kata Sara Twogood, MD, asisten profesor kebidanan klinis dan ginekologi di Keck School of Medicine di California.

Mengunyah permen karet akan membantu mengatasi mual dan konsumsilah cukup cairan sampai gejala mereda.

 

4. Pertumbuhan Rambut

Peningkatan androgen (hormon laki-laki) dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut gelap pada kaki, lengan, daerah kemaluan, dan bahkan pada wajah, kata Wendi B. monthy, MD, ob-gyn di Baylor, Texas.

Hormon lain yang disebut progesteron juga meningkat selama kehamilan, yang membuat rambut tumbuh lebih subur.

 

5. Gatal-gatal

Merasa gatal di mana-mana, hampir di seluruh area tubuh, paling sering terjadi pada trimester ketiga, kata Twogood.

“Anda mungkin mengalamibeberapa iritasi kulit atau kemerahan. Namun, tidak semua orang mengalaminya,” katanya.

“Mandi lulur dengan oatmeal dan antihistamin dapat membantu.” Beritahukan dokter Anda jika mandi oatmeal dan antihistamin tidak membantu.

Sumber:
http://health.kompas.com/read/2016/04/22/080300923/5.Hal.Mengejutkan.yang.Bisa.Muncul.Selama.Kehamilan

Tentang permatailmugroup

permata ilmu group adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan, agen penyalur naskah dan kursus kepenulisan. Kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat dan segala hal tentang kami di blog ini. Selamat menikmati
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s