WAJAH BARU MALIOBORO

Sudah ke malioboro di awal tahun 2017 ini? Ayo main ke malioboro. Malioboro kini tampil dengan wajah barunya lho. Setelah parkir di sepanjang kawasan malioboro di larang, kini di gantikan dengan adanya sejumlah tempat duduk yang nyaman untuk istirahat setelah lelah berbelanja. Sempatkan waktu anda ke malioboro dan jangan lupa, mampir ke permata ilmu jogjakarta

image

 

 

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar

WINGKO BABAT NANGKA

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
150 gram santan kental dari 1/2 butir kelapa 
200 gram gula pasir 
1/4 sendok teh garam 
1/8 sendok teh vanili bubuk 
150 gram tepung ketan 
200 gram kelapa parut kasar 
2 mata nangka, potong kotak
minyak goreng untuk mengoles 

image

Cara membuat:

Campur santan, gula, garam, dan vanili bubuk. Panaskan asal gula larut. Dinginkan.Campur tepung ketan dan kelapa parut. Aduk rata. Masukkan rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tambahkan nangka. Aduk rata.Bentuk bulat pipih. Tuang di dalam wajan datar antilengket yang dioles tipis minyak sambil dibolak balik sampai matang.

Untuk 20 buah

Sumber:
http://sajiansedap.com/Kue/Tradisional/Wingko-Babat-Nangka

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | Meninggalkan komentar

PANCAKE DURIAN

Dadar nan lembut yang diisi dengan krim rasa durian seperti ini bisa menjadi kudapan di sore hari yang asyik. Teh atau kopi menjadi minuman yang pas utuk menemaninya.  

image

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung sagu
15 gram gula tepung
1/2 sendok teh garam
1 kuning telur
400 ml susu cair
1 sendok makan margarin, lelehkan
10 tetes pewarna kuning tua

Bahan Isi:
100 ml krim kental, kocok mengembang
700 gram daging durian
1/4 sendok teh garam
2 sendok makan gula tepung

Cara membuat:

  1. Kulit, aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula tepung, garam. Tambahkan kuning telur, susu cair, margarin cair, dan pewarna kuning tua. Aduk rata.
  2. Tuang satu sendok sayur adonan di wajan datar kecil diameter 12 cm yang sudah dipanaskan di atas api kecil. Lakukan sampai semua adonan habis.
  3. Isi, campur krim kental, durian, garam, dan gula tepung. Kocok rata.
  4. Ambil selembar kulit dadar. Beri isi di tengah kulit. Lipat kanan dan kirinya bentuk persegi. Sajikan dingin.

Sumber:

http://sajiansedap.com/Kue/Roti-Pastry-Snack/Pancake-Durian

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | Meninggalkan komentar

RESEP CILOK

Bahan Kulit:
200 gram tepung sagu 
125 gram tepung terigu protein sedang 
2 siung bawang putih, dihaluskan
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk 
1 sendok teh garam 
2 batang daun seledri, diiris halus
250 ml air, dididihkan

Bahan Saus:
100 gram kacang tanah, digoreng
2 siung bawang putih, digoreng
1 buah cabai merah besar, digoreng
2 buah cabai merah keriting, digoreng
500 ml air 
1 1/4 sendok teh garam 
1 sendok makan gula pasir 
1/2 sendok teh cuka 

image

Cara Membuat Cilok:

Kulit, campur tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, kaldu ayam, garam, dan seledri. Aduk rata.Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata.Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Rebus di dalam air yang sudah dididihkan hingga matang. Angkat.Saus, haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai. Aduk bersama air, garam, dan gula pasir. Masak hingga mengental. Tambahkan cuka. Aduk rata.Sajikan cilok bersama sausnya. 

Untuk 48 buah

http://sajiansedap.com

 

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar

NASKAH ANDA MASIH DI TOLAK (LAGI????)

Jika anda senang membaca, senang bergaul dengan orang lain, meski tak memiliki bakat sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menjadi penulis. Bakat itu modal awal saja kok, selanjutnya banyak banyaklah berdo’a kepada Alloh dan banyak ber ikhtiar agar cita cita anda menerbitkan buku kesampaian.

Hampir 10 tahun saya bergelut di dunia penerbitan, ada hal mendasar yang menyebabkan saya menolak suatu tulisan, bahkan hanya dalam pandangan pertama 15 – 30 menit awal. Kunci utamanya, anda terlalu subjektif dalam menilai naskah anda. Anda merasa tulisan anda paling bagus tanpa mempertimbangkan pembaca. Satu hal lagi, anda sering ke pedean. Oke, saya kupas sedikit ya, kalau mau panjang, ikut dong kursus di permata ilmu, he he he.

Pertama anda merasa tulisan anda paling bagus, nah padahal penerbit menilai naskah itu bagus kalau naskah itu layak jual, banyak potensi untuk di minati pembaca. Anda merasa curhatan anda bagus? Coba dulu sedikit tes pasar, kira kira ada yang minat baca gak ya? Dan seterusnya

Hal yang kedua, anda kadang kadang ke pedean. Dalam hal tertentu, pendidikan formal tidak di tuntut penerbit, namun itu untuk naskah naskah skill, ketrampilan dan pengalaman anda lebih di butuhkan. Karenanya, sulit sekali jika anda tidak punya skill atau pengalaman di percaya menulis naskah ini, misalnya saja anda bukan pengusaha sukses kok anda nulis kiat jadi pengusaha sukses, tanpa anda menggandeng si pengusaha sukses. Anda cuma copas copas saja, hai 2017 saudara, buku copas an sudah di tinggalkan. Anda nulis buku motivasi, tapi anda sendiri tidak punya prestasi yg bisa di banggakan dan tidak menggandeng tokoh yang bisa mendongkrak penjualan buku anda. Oh no…no…no, sulit saudara.

Mulailah menulis dari yang mudah mudah saja, dari hobi anda, ssssst bocoran ni ya, tulisan tentang hal hal ketrampilan yang bisa di jual, laris manis lho, yuk berdayakan hobi anda untuk di tulis.

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

MENGATASI PERUT BUNCIT

Memiliki postur tubuh ideal menjadi dambaan setiap orang. Tumpukan lemak di perut? Uuugh mengganggu! Adakah cara yang bisa kita gunakan untuk menyiasatinya? Beberapa makanan ini bisa kita jadikan sarana usaha mengurangi perut buncit kita, diantaranya:

  Sayuran

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu penyebab perut buncit ialah pencernaan kita yang bermasalah. Sayuran merupakan makanan yang bisa kita gunakan untuk mengurangi tumpukan lemak dalam perut ini.

  Alpukat

Sebagian orang akan ketakutan jika mengkonsumsi alpukat dalam jumlah banyak. Mereka takut karena alpukat mengandung lemak dalam jumlah yang lumayan banyak. Tapi ternyata, kandungan lemak dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh lho, Sahabat Ummi. Jadi tidak perlu khawatir, malah alpukat berkhasiat menghilangkan perut buncit lho.

  Biji-bijian

Gandum, beras merah, quinoa, dan biji-bijian lainnya sangat cocok digunakan sebagai makanan pengontrol nafsu makan. Mengkonsumsi makanan olahan gandum dapat membantu membakar lemak dalam perut. Selain itu, gandum juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah sehingga kita bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

  Anggur

Selain mengandung vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh, buah anggur juga bisa digunakan untuk menghilangkan perut buncit kita, caranya dengan sarapan buah anggur dicampur yogurt rendah lemak. Paduan buah dan yogurt ini akan mencegah berkumpulnya lemak di daerah perut. Selamat mencoba.

  Semangka

Buah berwarna merah ini mengandung 92% air. Kandungan air dalam jumlah besar bisa membuat perut cepat kenyang dan merupakan buah pendamping makanan yang baik. Tidak heran jika dalam berbagai jamuan makan, semangka menjadi buah-buahan wajib yang disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah semangka juga bebas dari lemak dan kolesterol sehingga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah perut buncit.

 

  Paprika

Jika kita biasa mengenal paprika sebagai sayuran tambahan dalam makanan, sekarang kita bisa mengkonsumsi paprika untuk menghilangkan perut buncit yang mengganggu. Kandunga karbohidrat, vitamin C, fosfor, dan kalsiumnya dapat membantu kita mengecilkan lemak dalam perut. Caranya dengan mengkonsumsi paprika 30 menit sebelum makan.

 

  Pepaya

Jika kita mengalami gangguan pencernaan, buah apa yang biasa kita konsumsi? Ya, papaya. Sejak dulu, papaya dikenal sebagai buah yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Karena perut buncit biasanya timbul akibat masalah pencernaan, lambung, dan perut kembung, maka papaya merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

  Strawberry

Rasanya yang asam-asam manis membuat strawberry sedap dimakan dengan gula pasir. Tapi ada baiknya kita memakan strawberry tanpa tambahan bahan apa pun. Kenapa? Karena strawberry berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh, mengontrol kelebihan lemak, bahkan mengurangi lemak yang menumpuk pada perut. Wah, buah kecil ini memiliki khasiat yang fantastis ternyata.

Sumber:
http://www.ummi-online.com/ucapkan-selamat-tinggal-pada-perut-buncit-dengan-8-makanan-ini.html

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , | Meninggalkan komentar

ANTARA KEPUTIHAN NORMAL DAN ABNORMAL

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Keluarnya cairan pada vagina memiliki fungsi untuk ‘membersihkan’ sistem reproduksi wanita, khususnya tepat setelah menstruasi.

Itulah sebabnya kenapa keluarnya cairan Miss V cenderung lebih banyak di hari-hari pasca haid. Gunanya untuk menyingkirkan sel-sel lama dan cairan yang sudah tidak berfungsi pada uterus dan Miss V. Ini juga merupakan cara alami bagi tubuh untuk menjaga uterus, serviks dan vagina tetap bersih.

Namun seringkali keputihan menimbulkan kekhawatiran pada wanita, terutama bila keluar terlalu banyak. Seperti apa keputihan yang normal? Ginekolog dr Prachi Kakkar mengatakan, banyak/sedikitnya keputihan bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Jadi apa yang normal pada wanita yang satu, bisa jadi abnormal bagi wanita lainnya.

“Selain itu jumlah dan intensitas keluarnya keputihan bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti stres, infeksi, penyakit, penggunaan antibiotik, penuaan dan kehamilan,” ujar dr Prachi, seperti dikutip dari Times of India.

Sementara pada beberapa wanita bisa mengalami keputihan tiap hari, di luar masa menstruasi, pada wanita lainnya bisa terjadi di waktu-waktu tertentu saja. Dr Prachi menuturkan, selama cairan Miss V yang keluar transparan atau sedikit putih, tanpa bau dan tidak kental, keputihan masih terbilang normal.

Anda bisa waspada atau khawatir apabila keputihan tidak menunjukkan ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas. Tanda-tanda awal terjadinya masalah pada organ reproduksi wanita umumnya terdeteksi dari penampakan cairan Miss V yang keluar.

“Baik infeksi pada area tertentu vagina atau kondisi yang lebih berat seperti fibroid, keputihan akan memperlihatkan indikasi awal dari kondisi tersebut. Anda mungkin bisa mengalami keputihan banyak secara tiba-tiba. Tapi bisa juga justru tidak ada cairan Miss V yang keluar sama sekali. Jadikan keduanya sebagai alarm,” ujar ginekolog dr Kirti Soman.

Ia menjelaskan, Anda patut waspada jika saat keputihan, warnanya menjadi kekuningan atau kehijauan, atau putih pekat seperti susu. Jika cairan menimbulkan bau tidak sedap, misalnya amis yang menyengat, besar kemungkinan Anda mengalami infeksi pada vagina. Bisa karena infeksi jamur, vaginosis atau penyakit kelamin menular seperti gonorrhoea.

Kabar baiknya, infeksi tersebut bisa disembuhkan dengan obat minum. Jika anjuran dokter diikuti dengan disiplin, infeksi bisa teratasi dalam beberapa minggu. Satu hal yang perlu diingat, jangan mencoba menyembuhkan infeksi sendiri di rumah, apalagi menggunakan vaginal douche (alat semprot) atau cairan pembersih vagina yang bebas dijual di pasaran. Sebab ada kemungkinan Anda justru membunuh bakteri baik dan sel sehat di dalam Miss V. Selalu konsultasikan pada dokter spesialis sebelum bertindak.

Beberapa jenis infeksi bisa kambuh, jadi meskipun keputihan telah teratasi, jangan mengira Anda sudah tidak butuh perawatan lagi. Temuilah dokter Anda untuk menanyakan pola hidup, makan dan pengobatan yang paling tepat untuk Miss V sehat.

Sumber:

http://m.detik.com/wolipop/read/2013/11/25/110050/2422374/1135/wanita-perlu-tahu-tanda-tanda-keputihan-yang-normal-dan-abnormal

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | Meninggalkan komentar

MENANAM BAWANG MERAH SECARA HIDROPONIK

Hampir setiap masakan memakai bumbu yang satu ini, yaitu bawang merah. Ternyata kita bisa menanam bawang merah sendiri dengan metode hidroponik. Pengen tau caranya? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

1. Kali ini saya akan membahas cara menanam bawang merah hidroponik menggunakan media tanam kerikil kecil/pasir dan botol bekas sebagai pot serta memakai sumbu (Kain Flanel) untuk membantu penyerapan nutrisi.

2. Siapkan alat dan bahan:

image

Botol Mineral BekasKain FlanelGunting/CutterPasir/Kerikil Halus

3. Potong Botol bekas kurang lebih 10 cm, lalu isi dengan pasir/kerikil halus. Letakkan Bawang Merah yang sudah dipotong ke dalam pasir (setengah tenggelam).

image

image

image

4. Taruh potongan botol ke dalam sistem hidroponik

image

5. Bawang Merah bisa dipanen sekitar 45-60 hari dengan ciri-ciri sudah berumbi/berkembang menjadi banyak. Gambar di bawah ini adalah Bawang merah yang berumur 15 hari.

image

Sumber:
Hidroponikpedia.com

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | Meninggalkan komentar

KURSUS MENULIS BUKU GRATIS UNTUK REMAJA MASJID

Anda punya komunitas pengajian atau remaja masjid? Ingin mengadakan pelatihan menulis buku gratis? Mari, kursus menulis buku di permata ilmu gratis untuk remaja masjid dengan Syarat syarat:

– Perkiraan peserta minimal 8 orang

– Peserta bisa putra putri atau putri saja

-Pelatihan di lakukan di lingkungan masjid( Harus ada ijin tertulis dari takmir masjid tentang penyelenggaraan acara)

– Ada panitia yang menjemput pemateri dari kami(Putri)

– Untuk sementara hanya berlaku untuk lokasi kota jogjakarta

-Pelatihan tiap kelompok akan di lakukan 3 kali pertemuan @2 jam

– Info lengkap program ini 081578796065

Berlaku sampai bulan Maret 2017, silahkan di manfaatkan

Nb: Pelatihan gratis, untuk buku boleh pakai boleh tidak, jika pakai membayar 20 ribu per eksemplar buku

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar

MENANAM CABAI DALAM POT

Ingin menanam cabai dalam pot? Lumayan lho, saat cabai maal kita bisa memanfaatkannya. Coba saja, kita punya 3-5 tanaman cabai saja di rumah yang sedang berbuah lebat, cukup banget kok buat konsumsi sehari hari untuk beberapa minggu. Karena itu, jika anda memetik atau membeli cabai, jangan lupa sisihkan yang tua barang 1-2 biji untuk di tanam. Berikut tehnik penanaman cabai dalam pot

Memilih Benih

Dapatkan buah cabe yang benar-benar matang, segar, sehat, dan bentuknya bagus. Irislah daging buah memanjang, lalu keluarkan biji-bijinya. Cuci bersih dan keringanginkan. Pilihlah biji yang bentuk, ukuran, dan warnanya seragam. Tidak keriput, kulit cerah. Nah, bii-biji inilah yang disiapkan untuk benih.

2. Menyiapkan Media Semai

Sekitar seminggu sebelum benih disemaikan, siapkan media semainya. Biasanya berupa wadah “ceper”, terbuat dari kayu, dan bagian dasarnya berlubang untuk pembuangan air. Berilah campuran tanah subur, pasir, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1) serta tambahkan pupuk NPK yang dihaluskan.

3. Menyemai Benih

Sebelum benih disemaikan, rendam lebih dulu dalam air hangat selama 2-3 jam. Jika diperoleh benih yang mengapung atau melayang, buang saja. Gunakan benih yang tenggelam. Selanjutnya, tebarlah benih dengan jarak 3-4  cm, lalu kerudungi dengan plastik, dan letakkan di tempat teduh. Saban hari, buka kerudung untuk dilakukan penyiraman. Sekitar 3-4 hari kemudian, benih mulai berkecambah, dan kerudung sudah tidak dipakai lagi. Tapi, tetaplah rajin menyiram setiap pagi.

4) Memindahkan Polibag

Ketika bibit sudah memiliki 2-3 helai daun (atau berumur seminggu), sebaiknya pindahkan ke polybag ukuran 10-15 cm) yang telah berisi campuran tanah subur, pasir, dan pupuk kandang (1 : 1 : 1). Cara memindahkan bibit dari media semai ke polybag adalah dengan dicongkel ke atas bersama akarnya, lalu tanam ke dalam polybag.

5) Merawat dan Pindahkan ke Pot

Lakukan perawatan, seperti penyiraman, penyiangan, dan pemupukan. Pada umur semai 2-3 minggu dapat diberi tambahan gizi berupa pupuk daun. Setelah bibit berumur 4-5 minggu atau berdaun lebih dari 5 helai pindahkan ke pot.

Dari berbagai sumber.
Sumber utama: http://www.tanamanku.net/cara-perawatan-dan-penanaman-cabe-dalam-sebuah-pot.html

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar